Ranca Upas Ciwidey

Kampung Cai Ranca Upas merupakan salah satu bumi perkemahan di daerah ciwidey Bandung Provinsi Jawa Barat. dengan luas wilayah sekitar 215 hektar dan area tersebut difungsikan sebagai konservasi beberapa tumbuhan dan juga hewan.


Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas adalah salah satu bumi perkemahan di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Ranca Upas atau populer dengan nama Kampung Cai Ranca Upas adalah salah satu tempat wisata terbaik di Bandung Selatan dan merupakan kawasan bumi perkemahan terpopuler bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.


Kampung Cai Ranca Upas, begitu banyak orang menyebutnya, adalah sebuah perkampungan yang terletak di tengah-tengah hutan dengan ragam keindahan yang menyejukkan mata. Tempat wisata ini terletak tepat di Desa Alam Endah, Kecamatan Ranca Upas. Berjarak sekitar 50 kilometer di arah selatan dari pusat kota Bandung dan 10 km dari Situ Patenggang dan Kawah Putih.


Wisata di Bandung Selatan ini berada pada ketinggian 1700 meter di atas permukaan air laut, sehingga suhu udara di kawasan wisata yang masih sangat alami ini begitu dingin dan ekstrim berkisar di 17 oC - 20 oC. Bahkan apabila di malam hari, suhu di sini bisa mencapai suhu terendah di bawah 0 derajat oC. RANCA UPAS SMART CAMP Ranca Upas sendiri selama ini lebih dikenal sebagai salah satu satu bumi perkemahan di Bandung, dan populer dengan nama Ranca Upas Smart Camp.


Di sini banyak sekali diadakan kegiatan camping berskala besar, mulai dari lokal, regional, nasional bahkan internasional. PENANGKARAN RUSA RANCA UPAS Penangkaran rusa di Ranca Upas adalah salah satu lokasi penangkaran rusa di bandung, selain yang ada di Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi. Beragam pepohonan seperti Pohon Huru, Kurai, Jamuju, Kihujan, Hamirug, Kitambang, Pasang dan Puspa, tumbuh subur di sana dan usianya puluhan sudah puluhan tahun. Perjalanan menuju ke Wisata Alam Kampung Cai Ranca Upas begitu menyenangkan dan menyejukkan, diawali dengan perjalanan ke Ciwidey dari Kota Bandung dimana anda memerlukan waktu sekitar 1,5 - 2 jam perjalanan. Akses ke Ciwidey begitu berliku dan naik turun tetapi jalannya bagus.

+

Sinar mentari yang tak mampu menerobos pekatnya awan kelabu menambah sejuknya udara di Ciwidey. Di sepanjang perjalanan, kita akan ditemani oleh pemandangan yang didominasi oleh hijaunya kebun teh dan pepohonan. Setelah memasuki wilayah Ciwidey atas, anda akan memasuki hutan pinus. Di daerah ini, udara sangat menyegarkan untuk dihirup karena sudah mulai menapak ketinggian di atas 1700 meter. Beberapa ratus meter selepas gerbang obyek Wisata Kawah Putih, di kanan jalan terlihat gerbang lain bertuliskan Kampung Cai Ranca Upas. Barisan pohon jati menyambut kedatangan kita bagaikan pagar betis berbaris rapi di kiri kanan jalan. Setelah kira-kira 300 meter dari gapura, kita akan menjumpai loket masuk ke Wisata Alam Kampung Cai Ranca Upas, lalu kita membayar tiket untuk masuk ke kawasan ini. Kawasan yang terkenal dengan hawa dinginnya ini membuat tubuh kita ingin segera mendatangi kolam renang serta pemandian air panas dengan fasilitas waterboom. Anda bisa menikmati sensasi bermain air dan berenang di kolam pemandian air panas di tengah kawasan hutan yang sangat indah dan tentunya sangat dingin bersama keluarga ataupun rekan anda.