Lalu dimanakah tempat yang cocok untuk dijadikan sebagai lokasi outbound yang sekaligus bisa menjadi referensi anda untuk liburan kali ini? Pangandaran bisa menjadi salah satunya.

Selain memiliki pantai yang indah dan eksotis, terdapat berbagai spot menarik yang bisa anda jelajahi disana. Pokoknya, cocok untuk dijadikan sebagai tempat pelepas penat dan tempat liburan anda bersama keluarga. Berbicara soal Pangandaran memang tidak akan ada habisnya, mulai dari tempat wisatanya, kulinernya, hingga budayannya, maka dari itu pangandaran sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan serta berkegiatan outbound.

5 tempat outbound pilihan di Pangandaran

1.  Pantai Pangandaran & Batu Karas


Mungkin, kedua pantai tersebut sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Jawa Barat, pasalnya pantai tersebut sering dijadikan sebagai tempat gathering keluarga besar, perusahaan-perusahaan dari daerah jawa barat ataupun daerah kota-kota besar di indonesia. Selain dapat berkegiatan outbound di pinggir pantai, di tempat ini juga anda dapat melakukan snorkeling di pasir putih serta jungle tracking di daerah cagar alam.


2. Green Canyon

Tempat kedua yang akan kami rekomendasikan sebagai tempat outbound anda adalah green canyon. Tempat ini tidak jauh dari batu karas, hanya berjarak kurang lebih 10 km. Green canyon ini adalah salah satu tempat unggulan di pangandaran, karena sesuai dengan namanya, tempat ini memiliki keajaiban alam yang spektakuler, yakni terdapat air dan lumut berwarna hijau, serta tebing-tebing yang mengelilingi tempat ini. Dapat membuat anda merasa seperti tidak sedang berada di indonesia. Sensasi menegangkan dan menyenangkan bisa anda dapatkan disini, salah satu kegiatan yang bisa membuat hal itu semakin terasa adalah dengan sambil berkegiatan rafting. It’s gonna be fun guys! You must to try it!


3. Citumang River Tubing

Selain green canyon, Citumang river tubing dapat menjadi referensi anda juga dalam melakukan rafting. Tempatnya yang tidak kalah menarik bagusnya, dan selain menggunakan perahu karet yang lazim digunakan ketika rafting, disini juga anda bisa melakukannya dengan menggunakan ban karet.


4. Goa Lanang


Hampir sama seperti di green canyon, yaitu mengarungi sungai, namun disini anda diberikan peralatan tambahan dan akan dipandu langsung oleh guide lokal dalam mengarungi gua yang terdiri dari lorong panjang dan gelap. Anda akan merasakan seperti sedang berada dalam adegan menegangkan di sebuah film adventure. Menegangkan dan pastinya akan sangat menguji adrenalin anda! 


5. Pantai Pasir Putih


Pantai ini berada di kawasan cagar alam pananjung, anda bisa melihat pemandangan pantai yang indah dengan berpasir halus. Bagi anda yang gemar bersepeda atau menyelam, objek wisata ini wajib anda kunjungi. Selain itupun, tempat ini memiliki spot menarik yaitu kapal karam yang instagram-able pokoknya. Jika anda ingat dengan drama korea yang berjudul descendants of the sun, dimana song hye kyo dan song joong ki tengah bersantai diatas kapal karam dengan pemandangan pantai yang indah, tempat ini mungkin bisa sedikit menyamai spot di adegan drama tersebut. Anda dapat berpose seperti dua sejoli di drama tersebut.