EO, Gathering, Outing  di Lembang Bandung


Ozone Global Indonesia merupakan salah satu provider outbound, offroad, paintball, rafting, EO di Lembang Bandung yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun.


Dilingkup perusahaan, gathering biasanya dibedakan lagi menjadi Employee Gathering, Family Gathering, dan Customer Gathering. Employee Gathering merupakan gathering yang diadakan perusahaan untuk seluruh karyawan yang bekerja ditempat tersebut. Family gathering ditujukan untuk seluruh karyawan beserta dengan keluarganya.


Sementara, Customer Gathering diadakan untuk mengumpulkan seluruh rekanan atau vendor yang telah menjalin kerjasama dengan perusahaan tersebut. Gathering sangat tepat diadakan  baik untuk perusahaan besar maupun perusahaan kecil sebagai bentuk apresiasi perusahaan terhadap para karyawan, keluarga dan rekanan atau koleganya. Gathering juga merupakan suatu cara untuk bersama-sama rileks sejenak dari kepadatan rutinitas kerja dan menjalin keakraban satu sama lain sehingga terbangun suasana yang kondusif.


Employee gathering adalah program yang dilakukan dengan melibatkan seluruh karyawan ke dalam aktivitas khusus dengan tujuan tertentu baik yang sifatnya administratif maupun non-administratif.

Employee gathering dengan tujuan administratif biasanya dilakukan untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan. Misalnya annual meeting, Forum Group Discussion, atau town hall meeting.


Sementara non-administratif berupa kegiatan yang bertujuan sebagai refreshment atau hiburan. Misalnya memancing, outbound, makan bersama, games, atau traveling bersama.

Selain sebagai sarana interaksi dan komunikasi antar karyawan, berikut tujuan dari employee gathering pada perusahaan.


1. Sarana Informasi Keterbaruan Budaya, Kebijakan, dan Teknologi Perusahaan

Baik budaya, teknologi, maupun hal-hal lain yang berkaitan dengan bisnis selalu berkembang seiring waktu.

Keterbaruan informasi ini tentunya harus disampaikan secara utuh, komprehensif, dan menyeluruh kepada seluruh karyawan salah satunya melalui employee gathering.

Misal, dalam beberapa tahun ke depan perusahaan akan meluncurkan produk baru, penggunaan teknologi baru, atau adanya perombakan susunan organisasi.


2. Wadah Apresiasi Perusahaan bagi Karyawan


Selain memberikan insentif, employee gathering juga bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada karyawan selama bekerja.

Employee gathering seperti gala dinner, pekan kreatif, hingga kompetisi antar karyawan merupakan bentuk apresiasi perusahaan kepada karyawan.

Sebagai catatan, ketika karyawan diperlakukan sebagai “teman” dan diberikan apresiasi akan mempengaruhi motivasi kerja secara signifikan.

3. Tempat bagi Karyawan memberikan Feedback untuk Perusahaan

Karyawan bisa memberikan feedback atau masukan bagi perusahaan terkait strategi bisnis, teknologi yang akan digunakan, hingga evaluasi terkait budaya kerja.


Bukan hanya feedback, melalui aktivitas ini karyawan juga bisa bersama-sama mengidentifikasi apa yang menjadi masalah baik secara organisasi atau tim.


4. Pelepas Penat dari Rutinitas

Tidak dipungkiri bahwa pekerjaan sehari-hari membuat karyawan burnout atau keletihan yang tentunya akan berdampak pada produktivitas tim.

Melalui employee gathering, perusahaan bisa mengadakan aktivitas sosial yang bersifat menghibur sambil membangun komunikasi antar karyawan.